5 Tips Ransel dan Koper Tetap Awet Meski Sering Dipakai Traveling

Posted by Ayied Muhammad Riduan on 4:53 AM in ,
Ransel dan koper merupakan suatu alat yang paling berguna pada saat berpergian. Kebanyakan backpackers menganggap remeh dalam merawat barang tersebut. Padahal ransel maupun koper bersentuan langsung dengan alam bebas, hal ini berpotensi menimbulkan kerusakan yang diakibatkan oleh goresan dari benda maupun ranting pohon,

Tips Ransel dan Koper Tetap Awet

Nah, coba deh kalian perhatikan 5 tips agar ransel dan koper tetap awet meski sering dipakai berpergian.

1. Simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak disimpan di ruangan yang terlalu lembap
Untuk menjaga ransel dan koper agar tetap awet, ransel atau koper jangan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Hal ini bisa membuat bahan ransel atau koper tidak mudah rapuh.

Ransel dan koper juga jangan disimpan di tempat yang lembap, agar bahan ransel dan koper mendapat ruang udara serta menjaga bahan tidak berjamur. Jangan sampai menyesal nantinya, apabila bahan ransel atau koper mudah rapuh akibat terkena sinar matahari langsung.

2. Hindari meletakkan barang-barang yang lebih sehingga melebihi batas kapasitas
Untuk kalian yang memiliki hobi traveling ke alam bebas, contohnya ke gunung atau traveling ke tempat-tempat lainnya, hindarilah memasukkan barang-barang bawaan kalian yang melebihi kapasitas ransel atau koper. Hal itu bisa merusak bahan ransel atau koper tersebut.

Contohnya saat mendaki gunung, apabila barang-barang yang dimasukkan ke dalam ransel melebihi kapasitas maka dibagian pundak ransel mudah robek dan otomatis membuat pundak kalian sakit. Nah, jangan sampai over capacity ya!

3. Masukkan barang-barang dengan tatanan yang benar
Kebiasaan buruk sering terjadi yang dilakukan adalah memasukkan barang-barang secara sebarangan. Sebaiknya sebelum bepergian menggunakan ransel atau koper, barang-barang disusun dengan rapi agar bentuk ranselmu tidak berubah.

Nah, kalau menata barang-barangmu di ransel dengan cara sembarangan bisa mengakibatkan ransel cepat rusak dan jebol. Jangan sampai menyesal nantinya.

4. Gunakan pelindung
Saat bepergian tentunya ransel dan koper sering bersentuhan langsung dengan benda yang bisa mengakibatkan kerusakan. Hal tersebut ransel dan koper wajib diberi pelindung agar bahan ransel dan koper tetap awet dan tahan lama.

Contohnya, saat mendaki gunung, ransel bisa kita lindungi dengan rain cover atau cover bag. Selain untuk melindungi ransel dari basah dan lembabnya cuaca, rain cover berfungsi sebaga pelindung dari goresan ranting.

5. Cuci ransel dan koper dengan alat pencuci yang lembut
Terkadang hal sepele ini yang membuat ransel dan koper cepat rusak. Setelah bepergian kebanyakan pengguna langsung mencucinya agar ransel bersih dan terlihat seperti baru lagi. Namun, apabila mencuci ransel dan koper menggunakan alat pencuci berbahan keras, bahan ransel dan koper akan mudah rapuh karena mencuci dengan sikat yang keras.

Tentunya, kita harus membersihkan menggunakan sikat yang lembut. Jadi jangan mencuci ransel dan koper dengan sikat sembarangan ya.

Nah, itulah 5 tips biar ransel dan kopermu awet. Biasakan, yuk mulai sekarang daripada beli tas baru.