4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Mesin Kendaraan

Posted by Ayied Muhammad Riduan on 1:11 PM in
Kamu tau nggak sih untuk urusan perawatan kendaraan ternyata nggak hanya seputar perawatan yang dilakukan oleh mekanik saat kita membawa kendaraan untuk cek rutin ke bengkel lho. Faktanya perawatan kendaraan itu sangat mudah dan bisa kamu mulai lewat kebiasaan sehari-hari saat menggunakan kendaraan.

Karena nyatanya masih banyak yang nggak tau kalau banyak kebiasaan yang selama ini dianggap sepele ternyata bisa berpotensi merusak kendaraan. Simak yuk kebiasaan apa saja yang bisa merusak kendaraanmu.

4 Kebiasaan Sepele Merusak Mesin Kendaraan

Mobil Mogok

1. Tidak memanaskan mesin terlebih dahulu
Hal ini sering banget terjadi nih, apalagi saat kamu terlambat berangkat. Akhirnya yang jadi korban justru kendaraan kamu deh karena belum sempat kamu panaskan. Padahal memanaskan kendaraan berfungsi untuk memberikan kesempatan kepada oli yang masih di bawah untuk naik dan melumasi mesin kendaraanmu. Waktu yang dibutuhkan juga nggak lama kok, cuma 30 detik sampai 1 menit. Hayo, kendaraanmu hari ini sudah dipanaskan belum?

2. Menekan gas terlalu dalam dan melakukan rem secara mendadak
Ngaku deh, siapa di sini yang suka ngebut-ngebutan di jalan? Buat kamu yang hobi ngebut di jalanan, sepertinya kamu harus mulai memikirkan ulang hobimu ini demi mesin kendaraan yang lebih awet deh. Dengan menekan gas terlalu dalam akan membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros dari biasanya. Sementara jika kamu terlalu sering melakukan rem secara mendadak bisa membuat kampas rem lebih cepat ‘haus’.

3. Sering menjemur kendaraan di bawah sinar matahari langsung
Memasuki musim panas, kamu juga harus bersiap-siap dengan panasnya cuaca di luar nih. Eits, yang kena dampak tingginya suhu di luar nggak hanya kamu aja lho, tapi juga kendaraanmu yang kamu taruh di bawah sinar matahari.

Selain bisa merusak cat bodi kendaraan, panasnya cuaca juga bisa merusak wiper bahkan hingga cat bodi dashboard-mu lho. Selain itu, suhu di kabin juga akan lebih panas, sehingga kamu akan menyalakan pendingin dengan suhu yang lebih rendah agar suhu mobil cepat turun yang mana akan membuatmu boros bahan bakar. Jadi, selalu usahakan memarkir mobilmu di basement atau minimal di tempat berkanopi ya, guys!

4. Menggunakan kendaraan sampai bensin benar-benar habis
Kalau harus berhenti di jalan karena kendala ban bocor masih bisa dimaklumi sih, tapi kalau alasannya karena bahan bakar yang habis, wah ini sih kebangetan, guys. Apalagi produsen kendaraan sudah menyediakan indikator penanda status bahan bakar kendaraan. Kamu tahu nggak sih, bahan bakar yang habis ini juga berdampak kepada kondisi kendaraanmu lho. Seperti pompa bahan bakar yang bisa membuat kendaraan menjadi overheat, filter bahan bakar menjadi cepat kotor, bahkan hingga injektor kendaraan.

Nah, itu lah ke 4 kebiasaan yang tidak boleh di biasakan nya. Yuk rawat mesin mobil dan motor kita lebih baik lagi.